Rabu, 11 Januari 2012

Teknologi Gambar Digital Apple Digugat Kodak


Andina Librianty - Okezone
Rabu, 11 Januari 2012 17:19 wib
 0  10
detail berita
Kodak (Foto: flickr.com)
NEW YORK - Eastman Kodak mengajukan tuntutan hukum terhadap Apple dan HTC, ditengah upaya terakhir untuk menjaga bisnisnya. Pionir Fotografi ini mengklaim pelanggaran paten tersebut berhubungan dengan teknologi digital imaging.

Perusahaan berusia 132 tahun ini menggugat Apple pada Selasa lalu, atas paten yang berkaitan dengan berbagi gambar digital antar berbagai perangkat elektronik. Selain itu Kodak juga akan menghentikan pelanggaran produk tersebut ditambah dengan kompensasi.

Dilansir Apple Insider, Rabu (11/1/2012), menurut Florian Mueller dari Foss Patent, klaim tersebut menuduh Apple melanggar empat paten fotografi digital Kodak. Klaim tersebut diperoleh setelah 'menyimpulkan dengan mudahnya berbagi foto', dari kamera digital tanpa harus meng-upload ke PC.

Pada dasarnya, setiap produk Apple dengan kamera dipengaruhi oleh gugatan yang diajukan tersebut. Tapi secara khusus meliputi iPad 2, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S dan iPhone touch generasi keempat.

Sampai saat ini belum jelas apakah perangkat lunak, seperti Photo Stream Apple yang memungkinkan gambar digital di iDevice harus dimasukkan ke perangkat lain melalui iCloud, atau pihak ketiga yang memungkinkan untuk mentransfer gambar melalui Bluetooth atau WiFi juga menjadi target dalam gugatan tersebut.

Maka menurut Mueller dengan gugatan yang dilayangkan Kodak, bisa saja Apple dan HTC yang saat ini juga terlibat dalam tuntutan hukum terpisah, kemungkinan akan bekerja sama menghadapi gugatan Kodak. Menurutnya, kedua pembuat handset tersebut kemungkinan akan menyiapkan taktik terlebih dahulu, serta mencari cara mempersempit lingkup paten untuk menghindari tanggung jawab atas pelanggaran.

Selain itu, Kodak juga sedang menunggu putusan lain ITC tentang sengketa paten terhadap Apple dan Research In Motion (RIM), yang dijadwalkan pada September mendatang.

Diluar dari tuntutan paten, Kodak saat ini sedang berusaha menjual 1.100 patennya di bawah ancaman kebangkrutan. Perusahaan tersebut sedang mengatur kembali bisnisnya untuk memotong biaya dan meningkatkan pendapatan. (tyo)

Berita Terkait : kodak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar