Rabu, 11 Januari 2012

BMW Resmi Suplai Mesin Diesel untuk Toyota

TOKYO – Seperti diberitakan sebelumnya, BMW dan Toyota akan melakukan kerjasama dalam pengembangan teknologi bahan bakar yang efisien. Toyota akan mengadopsi mesin diesel BMW yang disematkan pada mobil yang dipasarkan di Eropa.

Seperti dilansir Worldcarfans, Kamis (1/12/2011) kerjasama itu akhirnya telah resmi dilakukan. Kedua pabrikan ortomotif terkemuka itu telah menandatangani nota kesepakatan yang belum lama dilakukan di Tokyo, Jepang.

Dalam kerjasama ini, keduanya akan saling mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapat oleh Toyota, yakni mesin diesel yang efesien 1.6-liter dan 2.0-liter, sementara keuntungan yang didapat oleh BMW yakni dari segi penjualan mobil yang akan dimulai pada 2014 mendatang.

“Toyota merupakan produsen mobil yang terkemuka, baik dari segi teknologi maupun penjualan. Maka dari itu, kami menyetujui kerjasama yang diinginkan Toyota dalam mengembangkan mesin dengan teknologi ramah lingkungan,” papar Norbert Reithofer, Chaiman of the Board of Management of BMW AG.

Lebih lanjut, usulan itu muncul setelah penjualan Toyota menurun sembilan persen di Eropa pada tahun lalu. Dengan memiliki teknologi mesin diesel lokal yang berbasis di Eropa, diharapkan bisa mengurangi biaya pengembangan Toyota dan membantu perusahaan mendapatkan kembali pangsa pasar di segmen tertentu.

”Ini merupakan kerjasama jangka panjang yang luar biasa. Mengingat BMW merupakan produsen yang terkemuka di Eropa dan telah memiliki teknologi yang tidak diragukan lagi dalam memprosuksi mesin diesel. Kerjasama ini semoga dapat memajukan industri otomotif dalam rangka menciptakan mesin yang ramah lingkungan,” tambah Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar